Minggu, 21 Februari 2021

BAGIAN-BAGIAN UTAMA SISTEM EFI

 BAGIAN-BAGIAN UTAMA SISTEM EFI

sistem EFI terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu terdiri dari sensor, Prosessor (ECU) dan actuator. 

1. Sensor 

Sensor adalah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi semua indikator yang dijadikan acuan untuk menentukan volume bahan bakar yang ideal sesuai kondisi mesin. dalam sistem pengolahan data, sensor berfungsi untuk sebagai input atau masukan dimana sensor-sensor ini akan mendeteksi beberapa indikator seperti temperatur suhu udara masuk, temperatur engine dan lainya.Sensor bekerja dengan memanfaatkan variabel resistor. dimana ada tegangan referensi yang diberikan. kemudian tegangan referensi tersebut masuk ke sensor dimana ada variable resistor. besar hambatan pada variabel resistor ini mengikuti kondisi yang diukur, jadi output dari sensor berupa tegangan dengan nilai tertentu, tiap nilai dari tegangan output ini akan diterjemahkan

dibawah ini merupakan sensor yang memiliki fungsi menerima data pada sistem EFI yang akan diterjemahkan oleh ECU yang kemudian akan dilaksanakan oleh actuator.

 


NAMA SENSOR

FUNGSI

MAPS (Manipold Air Pressure Sensor)

 

 

 

Mendeteksi tekanan udara pada intake manipold


 

 

 

 

MAF ( Mass Air Flow )

Mendeteksi massa /jumlah udara yang masuk pada intake manipold




TPS ( Throttle Position Sensor)


Mendeteksi sudut pembukaan katup throttle (katup gas)



CKP ( Crankshaft Position Sensor)

 

 

 

Mendeteksi putaran poros engkol (crankshaft) untuk mengetahui putaran engine


 

CMP ( Camshaft Position Sensor)

Mendeteksi putaran poros cam (camshaft) untuk mengetahui posisi waktu pengapian

 

Oksigen Sensor

Mendeteksi emisi gas buang dari dalam exhaust manifold

 

 

 

 

 ECT (engine coolant Temperatur) atau WTS (water temperature sensor)

 Mendeteksi suhu air pendingin pada engine

 

 

 

 

 

 

CARA MENGUKUR TEGANGAN ARUS SEARAH (ARUS DC) DAN HAMBATAN (RESISTANSI)

A. Cara mengukur tegangan arus DC (Direct current)   1. Putar selector pada posisi satuan voltase atau amper 2. Kalibrasi mult...