BAGIAN-BAGIAN UTAMA SISTEM EFI
sistem EFI terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu terdiri dari sensor, Prosessor (ECU) dan actuator.
1. Sensor
Sensor adalah komponen yang berfungsi untuk mendeteksi semua indikator yang dijadikan acuan untuk menentukan volume bahan bakar yang ideal sesuai kondisi mesin. dalam sistem pengolahan data, sensor berfungsi untuk sebagai input atau masukan dimana sensor-sensor ini akan mendeteksi beberapa indikator seperti temperatur suhu udara masuk, temperatur engine dan lainya.Sensor bekerja dengan memanfaatkan variabel resistor. dimana ada tegangan referensi yang diberikan. kemudian tegangan referensi tersebut masuk ke sensor dimana ada variable resistor. besar hambatan pada variabel resistor ini mengikuti kondisi yang diukur, jadi output dari sensor berupa tegangan dengan nilai tertentu, tiap nilai dari tegangan output ini akan diterjemahkan
dibawah ini merupakan sensor yang memiliki fungsi menerima data pada sistem EFI yang akan diterjemahkan oleh ECU yang kemudian akan dilaksanakan oleh actuator.
|
NAMA SENSOR |
FUNGSI |
||||
|
MAPS (Manipold Air Pressure Sensor)
|
Mendeteksi tekanan udara pada intake manipold |
||||
|
MAF ( Mass Air Flow ) |
Mendeteksi massa /jumlah udara yang masuk pada intake manipold |
|||
|
|
TPS ( Throttle Position Sensor) |
Mendeteksi sudut pembukaan katup throttle (katup gas) |
|||
|
|
CKP ( Crankshaft Position Sensor)
|
Mendeteksi putaran poros engkol (crankshaft) untuk mengetahui putaran engine |
|||
|
|
CMP ( Camshaft Position Sensor) |
Mendeteksi putaran poros cam (camshaft) untuk mengetahui posisi waktu pengapian |
|||
|
|
Oksigen Sensor |
Mendeteksi emisi gas buang dari dalam exhaust manifold |
|||
|
|
ECT (engine coolant Temperatur) atau WTS (water temperature sensor) |
Mendeteksi suhu air pendingin pada engine |